Pakaian Balap Mobil :Tips Memilih Dan Merawatnya

Pakaian Balap Mobil- Bagi yang berprofesi sebagai seorang pembalap, pakaian balap menjadi begitu penting. Pakaian balap memiliki berbagai macam kegunaan, salah satunya untuk keselamatan para pembalap.

Tips Memilih Pakaian Balap Mobil

Bagi Anda yang akan membeli pakaian balap, akan tetapi Anda tidak tahu bagaimana cara memilihnya, baca selengkapnya di bawah ini :

Baca juga : Kemasan Metalized

Seorang pembalap Mobil yang menggunakan pakaian balapnya, sumber : google.com
Seorang pembalap Mobil yang menggunakan pakaian balapnya, sumber : google.com

1. Memiliki Standar Dari FIA

FIA (Fédération Internationale de l’Automobile) merupakan lembaga asosiasi non profit. Fédération Internationale de l’Automobile atau FIA dibentuk pada tahun 1904, FIA dibentuk untuk mewakili individu-individu atau organisasi otomotif.

FIA atau Fédération Internationale de l’Automobile merupakan lembaga yang membawahi acara olahraga balap motor. Pada tahun1922, FIA mendelegasikan terkait sistemasi balap motor kepada Commission Sportive Internationale atau CSI. CSI sendiri merupakan komite independent yang kemudian hari berubah menjadi Fédération Internationale du Sport Automobile atau FISA.

Akibat dari pergantian struktur kepengurusan FIA pada tahun 1993, itu berdampak pada ditutupnya FISA, hal tersebut membuat kegiatan lomba balap motor berada dalam satu kepengurusan di bawah FIA.

Untuk di Indonesia sendiri ada IMI (Ikatan Motor Indonesia), IMI merupakan organisasi atau perkumpulan induk dari cabang olahraga kendaraan bermotor.

Pada awalnya, pada tahun 1906 di dirikanlah JVC (Javasche Motor Club), JVC terletak Jalan Bojong, Jawa Tengah tepatnya di Semarang.

Dalam prosesnya JVC (Javasche Motor Club) diganti namanya menjadi KNIMC (Het Koningklije Nederlands Indische Motor Club), dimana kala itu Indonesia masih di Jajah oleh Belanda.

Kemudia setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945, nama KNIMC (Het Koningklije Nederlands Indische Motor Club) diganti lagi menjadi IMC (Indonesische Motor Club).

IMC juga di ambil alih atau di take over di bawah lembaga Departemen Perhubungan negara Republik Indonesia.

Kemudian pada tahun 1950 nama IMC (Indonesische Motor Club) berubah lagi menjadi Ikatan IMI Motor Indonesia dan mulai membangun sirkuit balap Mobil di Indonesia

Untuk alamat kantor pusatnya, IMI berada di Ibu Kota Jakarta dimana sebelumnya berada di Semarang.

Suite balap yang memiliki standar FIA, sumber ; google.com
Suite balap yang memiliki standar FIA, sumber ; google.com

2. Pilihlah Pakaian Balap Mobil Yang Safety

Pakaian balap yang biasa sering disebut dengan pakaian tahan api. Disebut demikian, karena karakter pakaian yang tahan terhadap api.

Pakaian balap biasanya digunakan dalam berbagai macam bentuk perlombaan balap mobil. Pakaian ini digunakan oleh seorang atlet balap atau team (anggota kru), bahkan termasuk para wartawan juga ada yang menggunakan pakaian tersebut.

Pakaian ini melindungi dalam proses pengerjaan kendaraan pada sebelum dan ketika balapan berlangsung, termasuk juga pakaian ini digunakan oleh pekerja keselamatan marshal atau lintasan.

Pada umumnya ketika awal balapan berlangsung, kebanyakan seri jarang menggunakan seragam yang diamanatkan.

Untuk manjaga keselamatan pembalap, dimulailah rancangan desain khusus pada tahun 1950 sampai 1960.

Pada saat itu, pakaian balap di desain khusus untuk mengoptimalkan suhu melalui mekanisme perpindahan panas di dalam seragam balap agar pembalap nyaman dan tidak merasakan panas akibat dari percikan api saat berkendara.


Kemudian pada tahun 1967-an, mayoritas atlet balap di Formula one,NHRA (National Hot Rod Association NHRA), USAC (United States Auto Club), NASCAR, dan Champ Car (pendahulu IndyCar modern) juga mulai menggunakan seragam balap tahan api khusus.


Saat ini, kebanyakan pembalap mobil menggunakan bahan seperti Nomex. Bahan ini pada mulanya dikembangkan pada tahun 1960 berbarengan dengan munculnya seragam balap yang resisten terhadap api.

3. Pastikan Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Dalam membeli pakaian balap, tentunya tidak semua cocok untuk Anda. Belilah pakaian yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Belilah pakaian balap yang menyesuiakan dengan ukuran tubuh Anda, karena ini berkenaan dengan kenyamanan dan keselamatan ketika anda berkendara.

Ketika Anda memesan suite balap atau pakaian balap pastikan juga Anda melakukan pengukuran tubuh Anda dengan teliti, ini berkenaan dengan sesuai atau tidaknya suite balap yang Anda beli.

Kedua, pastikan ketika Anda membeli suite balap sesuia dengan isi kantong Anda. Anda juga dapat memilih konveksi jersey sebagai opsi alternatif.

Baca juga : Tips Menjual Mobil bekas

Tips Merawat Pakaian Balap Mobil

Baju balap atau yang dikenal dengan sebutan wearpack bukan merupakan barang yang hanya bisa dimiliki oleh para pembalap saja.

Baju balap atau wearpack, sekarang dapat dimiliki oleh siapapun. Tidak hanya pembalap profesional saja yang dapat memiliki, para pecinta ‘sport bike enthusiast juga dapat memiliki wearpack, yang dapat dipakai pada saat track day di sirkuit.

Bagi Anda yang akan membelinya atau yang sudah memiliki pakaian balap, akan tetapi Anda tidak tahu bagaimana cara merawat nya, baca selengkapnya di bawah ini :

Foto pembalap yang merawat suite balapnya, sumber : auto.com
Foto pembalap yang merawat suite balapnya, sumber : auto.com

1. Jangan Lupa Di Jemur

Setelah Anda memakai pakaian balap atau Suite balap jangan lupa untuk menjemurnya kembali. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan yang di akibatkan oleh jamur yang menempel dari kelembaban kulit Anda yang basah oleh keringat.


Sinar matahari dapat membuat baju Anda kering, sehingga jamur tidak dapat berkembang. Hal ini juga dilakukan oleh pembalap profesional yakni Herjun Atna Firdaus.

Herjun Atna Firdaus merupakan pembalap professional tanah air, ia juga pernah mengikuti lomba pade event Asia Road Racing Championship atau ARRC

2. Jangan Lupa Untuk Di Simpan

Setelah Anda selsai menjemur pakaian balap Anda. selanjutnya simpan pakain balap anda di tempat yang bersih dan tidak lembab, seperti di lemari dan lain sebagainya. Hal ini dapat penjaga suite balap Anda dari debu atau lain sebagainya.

3. Selalu Di Bersihkan

Dalam wawancaranya, pembalap muda Herjun Atna Firdaus juga membagi tipsnya dalam merawat pakaian balapnya atau wearback.

Herhun juga tidak lupa untuk membersihkan pakaian balapnya dengan cara menyemprotkan cairan pewangi atau pembersih khusus di pakaian balapnya.

Herjun Atna juga memilih untuk tidak mencuci suite balapnya dan hanya membersihkan dengan kain basah setelah menggunakannya.


Hal ini dilakukan untuk tidak merusak jahitan dan bahan yang tidak cocok terhadap deterjen, yang berakibat pada cepat lunturnya warna pakaian.

Herjun juga selalu menggunakan kompresor untuk membersihkan bagian dalam suite balapnya. Ia juga membersihkan dengan leather lotion care.

Hal Ini dilakukan agar bahan terluar dari pakaian balap Anda tidak mudah untuk jamur berkembang. Ini juga dilakukan untuk memberikan bagian kulit kain Anda tetap nyaman

Demikianlah artikel yang dapat kami sajikan berkenaan dengan cara memilih dan merawap pakaian balam mobil. Jangan lupa untuk share kepada teman-teman Anda. Sekian dan terimakasih.

Leave a Comment