Informasi Penting Estimasi Biaya Perjalanan Menggunakan Mobil Pribadi

Informasi Penting Estimasi Biaya Perjalanan Menggunakan Mobil Pribadi

Memanfaat waktu berliburan dengan melakukan perjalanan keluar kota atau daerah memberikan sensasi tersendiri. Selain memberikan manfaat untuk menyegarkan pikiran selama berliburan, banyak hal-hal yang terkadang unik untuk diketahui sepanjang perjalanan. Selain itu, jika bersama anak-anak, mereka akan terhibur dengan pemandangan dan informasi-informasi unik sekitar pemandangan di sekitar wilayah yang dilewati selama perjalanan. Mengenai perjalanan antar daerah ini, bisa ditempuh dengan kereta api, kendaran bus maupun mobil. Semua jenis transportasi ini memungkinkan kita untuk menikmati pemandangan selama perjalanan.

Jika Anda memilih untuk melakukan perjalanan antar kota atau daerah menggunakan kendaraan mobil, perjalanan antar daerah memang lebih enak menggunakan mobil pribadi. Karena selain tidak terpatok waktu, alias Anda dapat berangkat ataupun pulang kapan saja Anda inginkan, Anda pun tidak akan kebingungan untuk mobilitas di daerah tujuan Anda nantinya. Anda pun dapat membawa barang lebih banyak bila dibandingkan dengan menggunakan transportasi umum. Sebagai tambahan informasi, kami akan memberikan sedikit informasi mengenai perkiraan perhitungan biaya yang dihabiskan selama perjalanan antar daerah dengan menggunakan mobil pribadi.

Estimasi Biaya

Persiapan dan perencanaan anggaran yang matang perlu Anda lakukan untuk perjalanan antar daerah. Anggaran seperti bensin, parkir, makan, tol, serta hal – hal tidak terduga harus Anda persiapkan. Sediakan uang tunai maupun e – money dalam jumlah yang cukup. Misalnya bila Anda ingin melakukan perjalan dengan mobil menuju Yogyakarta dari Jakarta, maka estimasi biaya sebagai berikut:

1. Bensin

Bensin atau bahan bakar jenis lain menjadi hal yang harus Anda perhitungkan selama perjalanan. Isi bahan bakar ketika jarum penunjuk untuk bahan bakar sudah berada di tengah – tengah. Hindari untuk menunggu hingga jarum penunjuk menuju garis akhir, dikhawatirkan sulit menemukan SPBU dan bahan bakar lebih dahulu habis sebelum sempat mengisinya kembali

Estimasi biaya yang dikeluarkan untuk bensin (bahan bakar) bermacam – macam. Dikarenakan sangat dipengaruhi oleh jenis mobil, kapasitas tangki bahan bakar sebuah mobil, kondisi mesin mobil, medan jalan yang dilalui, sampai dengan banyak – sedikitnya muatan yang ada dalam mobil, karena bensin lebih boros 1 – 2% setiap 50 Kg beban yang dibawanya.

Gasoline Station, sumber ig ten_eighty_cs
Gasoline Station, sumber ig @ten_eighty_cs

Sebagai contohnya, jenis mobil Avanza yang menggunakan bahan bakar berupa Pertalite dengan harga Rp. 7.800/L, beban yang diangkutnya taraf wajar, kapasitas tangki sebesar 45 L, dan jarak tempuh Jakarta – Yogyakarta menggunakan jalur selatan dengan jarak 501 Km. Untuk kasus seperti itu, maka Anda cukup mengisi bahan bakar full tank cukup dua kali saja.

Untuk harga full tank sekali pengisian dapat dihitung Rp. 7.800 x 45 = Rp. 351.000,-. Dengan dua kali pengisian full tank, maka biaya yang Anda keluarkan sebesar Rp. 351.000,- x 2 = Rp. 702.000,-. Biaya tersebut dapat dihemat dengan menggunakan jalur alternatif sehingga jarak tempuh menjadi lebih pendek, atau kondisi jalan yang tidak macat.

2. Tol

Berpergian ke luar kota tidak terlepas melalui jalan bebas hambatan (tol). Untuk perjalanan dari Jakarta – Yogyakarta Anda dapat mengestimasikan biasa sebesar Rp. 200.000,-. Tentu sekarang ini tol sudah menggunakan sistem Gerbang Tol Otomatis (GTO), sehingga biaya tol dapat dilakukan menggunakan e – money. Jadi, cukupkan saldo e – money Anda sebelum perjalanan.

3. Makan

Untuk makan dan camilan biasanya cukup menguras pengeluaran, karena terkadang luput dari perhatian Anda. untuk mensiasatinya, makan sewajarnya selama perjalanan. Makan dengan menu yang membuat Anda awet kenyang. Dan buat target harga untuk sekali makan, misalnya Rp. 20.000 – Rp. 25.000/orang. Dengan dua kali makan, maka cukup dengan Rp. 40.000 – Rp. 50.000/orang. Biaya ini dapat lebih dihemat lagi bila Anda membawa bekal makanan dan minuman, serta camilan yang telah dibuat di rumah sebelumnya.

4. Biaya Tak Terduga

Biaya yang tak terduga, misalnya biaya parkir, toilet, pak ogah yang membantu menyebrangkan mobil Anda, dan sebagainya. Anda dapat mengestimasikan biaya untuk itu semua sekitar Rp. 100.000 – Rp. 200.000 (kondisional).

Kondisi diatas untuk perjalanan darat 1 pulau. Adakalanya kita melakukan perjalan darat dan laut sekaligus, seperti dari Jawa ke Lombok, kita perlu naik kapal dari Jawa ke Bali, lanjut perjalanan darat dan menyeberang dari Bali ke Lombok. Capek memang, namun saat di Lombok anda tak perlu lagi menyewa mobil di Lombok karena sudah membawa mobil sendiri.

Demikian ulasan mengenai estimasi perkiaraan biaya yang dikeluarkan selama perjalanan menggunakan mobil pribadi. Meskipun hanya perkiraan, setidaknya informasi mobil ini diharapkan bisa memberikan gambaran terutama bagi yang belum berpengalaman melakukan perjalanan antar daerah menggunakan mobil pribadi.

Leave a Comment