Informasi Bermanfaat Tentang Penggunaan Spare Part Mobil

Informasi Bermanfaat Tentang Penggunaan Spare Part Mobil

Bagi pemilik mobil, saat ini mobil memang sangat nyaman untuk dipakai beraktivitas. Ditengah kondisi cuaca yang ekstrim dan kondisi lalu lintas yang tidak menentu, mobil bisa melindungi dan nyaman untuk dipakai. Selain itu mobil juga merupakan alternatif untuk kebutuhan jarak jauh dalam waktu yang singkat. Nah, sebagai pemilik mobil sudahkah Anda mengetahui bagian-bagian mobil Anda? Bagaimana Anda mengeluarkan biaya untuk memodifikasi mobil Anda, masih wajarkah?

Mengetahui bagian-bagian mobil bermanfaat untuk Anda. Anda bisa memahami fungsi bagian-bagian dan mengenali ketika terjadi masalah. Spare part yang terdapat pada mobil Anda harus diperhatikan betul sehingga mobil yang Anda pakai menggunakan spare part asli dan berfungsi dengan baik. Bagi pemilik mobil pribadi perlu tahu bahwa spare part di pasaran terdiri dari dua jenis, yaitu asli atau spare part resmi dan palsu. Terkadang susah membedakan keduanya. Apalagi bagi para pemula di dunia otomotif. Maka, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui perbedaan spare part asli dan palsu.

Ciri-ciri Spare Part Asli

1. Memiliki harga pasar yang masuk akal

Harga spare part asli sudah pasti akan jauh lebih mahal dari yang palsu. Perbedaannya bahkan bisa diperkirakan hingga dua kali lipat. Untuk itu, jika Anda mengetahui ada penjual spare part yang menjual barang sangat murah, tanpa promo khusus atau potongan harga, maka ada baiknya untuk dihindari. Kemungkinan besar barang yang dijual tersebut adalah spare part palsu. Karena ada harga khusus yang telah ditetapkan dari pabrik sehingga harga spare part asli di mana pun tidak memiliki selisih yang terlalu jauh. Maka Anda perlu berhati-hati.

2. Memiliki nomor seri yang terdaftar

Spare part asli dijual di pasaran dengan nomor seri tertentu. Setiap nomor seri akan terdaftar di katalog resminya. Jika Anda menemukan barang-barang yang memiliki nomor seri yang ternyata berbeda maka Anda patut untuk merasa curiga. Untuk mencegah Anda tertipu lebih jauh, maka segeralah tanyakan kepada penjual mengenai nomor seri tersebut.

3. Kemasan tebal dan terdapat hologram

Spare Part Mobil, sumber ig fullgasgarage
Spare Part Mobil, sumber ig @fullgasgarage

Perlu Anda ingat bahwa untuk membedakan barang asli dan palsu secara cepat yaitu kemasan spare part asli dilengkapi dengan hologram. Meskipun yang palsu terkadang juga terdapat hologram, namun kualitas hologramnya berbeda. Hologram pada produk yang asli akan susah untuk dilepas, sedangkan pada barang palsu, hologram tersebut terlihat seperti sebuah sticker. Untuk bagian kardus pada kemasan asli terasa tebal dan halus, selain itu juga tulisan kardus di kemasan asli berwarna terang dan tidak kusam.

4. Bahannya sesuai

Jika Anda ingin mengetahui spesifikasi spare part Anda bisa mencarinya di internet, baik di web resminya atau review dari sesama pengguna. Gunanya mencari spesifikasi tersebut, Anda dapat mengenali terlebih dahulu apa bahan spare part yang digunakan kendaraan Anda. Sebab, tak dapat dipungkiri bahwa semirip-miripnya tampilan luar barang palsu, tidak akan pernah menggunakan bahan yang sama sehingga menghasilkan kualitas yang berbeda pula. Sebagai contoh, spare part asli menggunakan baja dan yang palsu tentu tidak akan menggunakan baja melainkan hanya menggunakan besi biasa.

5. Memiliki Garansi

Perbedaan ketiga yaitu dari garansi yang diberikan oleh penjual, untuk suku cadang asli biasanya di berikan sendiri oleh pihak produsen kendaraan tersebut, sedangkan untuk yang palsu hanya diberikan garansi dari toko penjualnya saja. Tentu saja garansi dari pihak produsen kendaraan punya jangka waktu yang lebih lama sehingga menggunakan spare part palsu meski tetap mendapatkan garansi, namun masih tidak menguntungkan karena hanya garansi toko yang jangka waktunya lebih singkat.

Tips Merawat Spare Part

a. Lakukan pengecekan secara rutin dan terjadwal karena dapat mengoptimalkan kerja mesin dan mengurangi resiko kerusakan.
b. Pelajari karakter kendaraan dan sesuaikan dengan spare part yang dipasang.
c. Jangan coba-coba mengotak-atik spare part sendiri, pastikan untuk meminta bantuan ahli jika tidak tahu.
d. Gunakan komponen yang keseluruhannya adalah komponen orisinil sesuai dengan standar yang diberikan pabrikan.

Demikian beberapa informasi terkait dengan spare part mobil yang sebaiknya Anda ketahui. Semoga informasi ini dapat membantu Anda. Simak informasi variasi mobil Jogja lainnya.

Leave a Comment