perbedaan mobil manual dan matic

Perbedaan Mobil Manual dan Matic

Sebelum membeli mobil tentu ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan selain harga dan merk mobil, yakni tipe mobil. Tipe mobil menjadi pertimbangan bagi Anda sesuai kebutuhan biar budget yang dipersiapkan sesuai dengan harga mobil yang dibutuhkan. Salah tipe mobil yang diperhatikan oleh Anda yakni mobil manual atau matic dan juga perbedaan mobil manual dan matic.

Anda perlu mengambil keputusan secara matang untuk memilih mobil manual atau matic agar saat mobil dan kunci sudah ada di tangan tidak ada keinginan untuk mengganti. Termasuk dalam perawatan mesin mobil manual atau matic.

Baik mobil manual atau matic, sebenarnya memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Pilihan mobil tergantung pada kenyamanan dan kebutuhan Anda dalam berkendara sehari-hari. pada artikel kali ini akan mengulas perbandingan kedua tipe mobil tersebut:

Transmisi Mobil Manual dan Matic

Mungkin banyak dari Anda yang memiliki mobil tetapi belum terlalu mengenal dengan baik mengenai perbedaan mobil manual dan matic pada transmisinya.

perbedaan mobil manual dan matic
Mobil klasik biasanya bertransmisi manual. Sumber Unsplash

Mobil Manual

  1. Memiliki enam jenis gigi percepatan, lima untuk melaju ke depan dan satu untuk mundur ke belakang.
  2. Setiap penambahan dan pengurangan gigi harus menggunakan kopling untuk mempermudah proses pergantian gigi.

Mobil Matic

  1. Memiliki sistem yang lebih simpel dan gigi yang lebih sedikit.
  2. Transmisi ini pun dibagi menjadi dua jenis yaitu semi otomatis dan otomatis. Keduanya memiliki perbedaan, yakni:
  • Mobil bertransmisi semi matic berfungsi seperti transmisi manual dimana perpindahan gigi masih dilakukan oleh pengemudi tetapi tanpa melibatkan kopling.
  • Mobil matic saat perpindahan gigi secara otomatis tanpa perintah pengemudi.

Harga Mobil Bekas Mobil Manual atau Matic

Tidak selamanya orang yang memiliki mobil menggunakan mobilnya tanpa dijual untuk beli yang baru atau tukar tambah dengan mobil yang lain atau mobil yang baru. Tetapi kebanyakan orang yang memiliki mobil memilih untuk menjual bekas mobil dibandingkan tukar tambah mobil baru karena harga jual bekas bisa ditentukan sendiri.

Biasanya di pasaran harga mobil matic baru lebih mahal dibandingkan mobil manual tetapi sayangnya saat jual bekas harga mobil matic turun drastis dibandingkan harga mobil manual. Walaupun demikian, namun harga jual mobil bertransmisi otomatis seperti mobil matic nilainya masih lebih baik dibandingkan dengan mobil manual.

Pengoperasian dan Kenyamanan Mobil Manual atau Matic

Dari segi pengoperasi dan tingkat kenyamanan pengunaan kedua tipe mobil tersebut ada perbedaan yang signifikan.

Mobil Matic

Dari segi teknologi mobil matic lebih unggul dibandingkan dengan mobil manual. Pengoperasiannya lebih nyaman dan lebih praktis yang akan membuat setiap pengendara tidak mudah lelah dan capek. Akan lebih mudah dikendarai meskipun pengguna mobil baru yang masih dalam tahapan belajar. Jauh lebih bisa diandalkan jika dikendarai di jalanan yang rawan macet sehingga tidak perlu pergantian gigi dalam kondisi ingin laju cepat atau lambat.

Mobil Manual

Memang mobil manual dalam segi teknologi masih kurang terutama saat pergantian gigi karena harus melibatkan kopling, pengoperan gigi persneling, dan menginjak pedal gas untuk menjalankannya. Dibutuhkan pembiasaan yang cukup lama agar pengemudi tidak kaget saat menyetirnya. Tetapi mobil manual bisa diatur untuk tingkat kecepatan atau lambat dan saat lakukan pengeraman lebih halus karena ketiadaan engine break serta persneling yang dapat diatur

Konsumsi Bahan Bakar Mobil Manual atau Matic

Banyak orang yang masih salah sangka bahwa mobil matic lebih hemat bahan bakar dibandingkan yang manual. Faktanya, mobil bergigi manual lebih hemat bila dibandingkan dengan yang bertransmisi otomatis. Karena perputaran transmisi otomatis yang lebih berat sehingga membuat mesin bekerja ekstra dan membutuhkan banyak bahan bakar untuk dapat melaju. Selain itu, semakin banyak jumlah gigi pada mobil membuatnya lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar.

Namun begitu para pemilik mobil matic dapat melakukan penghematan bahan bakar agar menyamai mobil manual. Caranya adalah dengan melakukan gas and glide yaitu membiarkan mobil meluncur sehingga tenaga yang dikeluarkan tidak terlalu banyak.

Akselerasi Mobil Manual atau Matic

Mobil bergigi manual disebut-sebut lebih responsif dan agresif dibandingkan mobil bertransmisi matic, terutama di jalanan yang menanjak. Hal ini ternyata berhubungan dengan perpindahan kopling yang dilakukan ketika mobil memasuki jalanan dengan medan yang berbeda-beda (dari menanjak ke menurun atau sebaliknya). 

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Manual atau Matic

Dibalik kelebihan dari masing-masing mobil manual dan matic, tentu ada kekurangan dari kedua tipe mobil tersebut, kekurangannya meliputi:

Mobil Manual

  1. Bagi para pemula yang baru atau sedang belajar mengemudi mobil harus benar-benar hafal pedal rem, kopling, dan gas biar tidak kebalik. Dikira rem ternyata gas? syukur-syukur di depan Anda tidak ada kendaraan.
  2. Pengemudi yang mengendarai mobil akan lebih cepat lelah.
  3. Kurang nyaman ketika digunakan saat perjalanan jarak jauh dengan mobil manual, kecuali bagi Pengemudi yang menginginkan sensasi dalam berkendara jarak jauh.
perbedaan mobil manual dan matic
Mobil untuk keperluan balapan biasanya bertransmisi manual. Sumber Unsplash

Mobil Matic

  1. Harga beli yang masih cukup tinggi saat ini.
  2. Masih kurang akselerasinya bila digunakan di jalanan yang menanjak.
  3. Memiliki engine brake sehingga sebagai pengguna harus lebih berhati-hati saat menggunakan rem terlebih, apalagi saat berada di jalanan yang menurun.
  4. Boros dalam pemakaian bahan bakarnya.
  5. Harus rutin melakukan perawatan mobil.

Demikian ulasan mengenai perbedaan mobil manual dan matic dari bengkel variasi mobil Jogja, semoga menjadi bahan referensi untuk Anda dalam menentukan mau membeli mobil manual atau matic. Semuanya kembali pada Anda selaku pengguna untuk membeli mobil sesuai kebutuhan dan keinginan Anda. Karena pada dasarnya penggunaan mobil tergantung dari masing-masing individu, bisa lebih cepat rusak dari waktu normalnya atau bahkan lebih awet dari waktu normalnya.

Leave a Comment