5 Hal Penting Saat Modifikasi Jok Mobil

5 Hal Penting Saat Modifikasi Jok Mobil

Sebagian besar dari Anda menghabiskan banyak waktu di mobil, pulang-pergi, mengantar anak-anak ke sekolah, melakukan tugas kantor, atau pergi ke tempat wisata. Sebagian besar waktu yang dihabiskan di dalam mobil ini membuat fisik lama kelamaan menjadi tidak nyaman.

Oleh karena itu, melakukan modifikasi interior mobil yang salah satunya modifikasi jok mobil bisa menjadi alternatif pilihan yang baik untuk meningkatkan kenyamanan berkendara Anda. 

Melakukan modifikasi jok mobil, selain untuk mempercantik ruang interior mobil Anda, juga harus memperhatikan faktor kenyamanan penumpang, terutama pengemudi itu sendiri. Hal ini penting karena modifikasi jok yang asal-asalan bisa-bisa malah membuat pinggang Anda sakit dan leher menjadi kaku.

Lalu, bagaimana cara Anda untuk memodifikasi jok atau kursi mobil yang baik? Berdasarkan situs gokhalemethod Anda bisa memulai dengan check list dulu postur yang sehat saat mengemudi, meliputi:

  • Bahu ke belakang dan ke bawah
  • Leher lurus di atas tulang belakang
  • Nyaman dan pas dengan bagian belakang kursi
  • Tulang belakang lurus dan menempel dengan baik.

Faktor Yang Diperhatikan Saat Modifikasi Jok Mobil 

Kursi mobil saat ini sering kali tidak mendukung postur sederhana. Tapi, kabar baiknya adalah bahwa cukup mudah untuk memperbaiki hampir di semua jenis mobil untuk membuatnya sesuai dengan terhadap postur mengemudi yang baik. Selain itu modifikasi mobil bekas agar menarik meskipun pada interiornya saja culup menambah indah ketika dipandang.

Modifikasi Jok mobil
Jok mobil harus dibuat nyaman agar tidak mengganggu perjalanan. Sumber Unsplash

1. Posisi Bahu

Modifikasi jok mobil pertama adalah memperhatikan bagian bahu. Anda mungkin merasa bahwa “guling” di bagian pinggir jok mobil Anda bisa menghalangi Anda dalam menyenderkan bahu. Asal mula “guling” ini pertama kali ada pada di industri mobil balap.

Pada mobil balap, guling ini bisa terus membuat pembalap “menempel” di kursi mereka pada kecepatan tinggi, terutama saat di tikungan. Bagi Anda yang hampir tidak akan pernah berbelok di tikungan pada kecepatan 100 km/jam, adanya guling adalah gangguan yang membuat susah mengatur bahu supaya lebih nyaman dan sehat. 

Solusi yang bisa Anda lakukan ialah dengan memberi area sandaran antara guling, sehingga punggung tubuh Anda tidak lagi tenggelam di antara guling yang membuat bahu Anda dipaksa maju. Bergantung seberapa menonjol guling pada pinggiran kursi mobil Anda, mungkin handuk yang dilipat beberapa kali sudah cukup.

Setelah menambahkan bantalan pada bagian tengah kursi, gerakkan badan ke depan, sedikit ke atas, dan kemudian kembali bersandar ke belakang. Setelah bahu Anda kembali bersandar, Anda mungkin merasa bahwa Anda perlu memajukan kursi lebih dekat ke setir agar nyaman memegang kemudi. Pastikan untuk menjaga jarak aman dari air bag.

2. Bantalan Leher

Modifikasi jok mobil selanjutnya adalah pada bagian bantalan leher. Pernahkah Anda memperhatikan bahwa banyak sandaran kepala pada jok mobil membuat kepala Anda terdorong ke depan dengan tidak nyaman?

Bantalan leher atau headrests terkadang membuat kepala malah tidak nyaman. Beberapa sandaran kepala tidak akan memiliki ruang untuk kepala ke belakang jika terjadi tabrakan.

Standar yang menentukan sejauh mana sandaran kepala menahan adalah pada Crash Test Dummy atau simulasi kecelakaan. Crash Test Dummy dimodelkan seseorang dengan postur kepala rata-rata.

Solusinya sangat mirip dengan solusi untuk “guling” pada kursi di atas, tetapi sejauh mana Anda memodifikasi bagian tengah sandaran sekarang tergantung pada sudut kepala Anda. Jangan modifikasi bantalan leher menjadi 180 derajat atau bahkan dihilangkan.

Mengapa? Karena jika terjadi kecelakaan, akan meningkatkan risiko patah tulang leher. Oleh karena itu, tentukan posisi bantalan leher Anda dengan sudut dan posisi terbaik yang bisa Anda aplikasikan untuk leher Anda.

3. Mengatur Bagian Bawah Belakang

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya dalam modifikasi jok mobil adalah pada bagian bawah-belakang. Ini bukan masalah di kebanyakan mobil. Tapi ada beberapa pengecualian seperti mobil yang sangat tua yang joknya sudah aus sehingga bagian bawah Anda merosot dan tenggelam ke dalam “gua”.

Solusinya dengan menambahkan busa supaya kembali menjadi rata. Jangan terlalu tebal atau menumpuk karena tidak akan nyaman untuk peregangan posisi duduk Anda. 

4. Modifikasi Khusus (Bucket Seats)

Bagi yang memodifikasi jok mobil dengan model kursi sport, agak susah memang untuk dirombak. Solusinya dengan pemilihan dari awal model kursi yang memang sesuai dengan profil postur tubuh Anda. 

5. Dukungan Tulang Belakang

Apakah kursi mobil Anda memiliki bantalan pinggang? Hal ini didasarkan pada saran tentang tulang belakang berbentuk S yang normal dan sehat. Namun bantalan pinggang ini biasanya justru menyebabkan kelengkungan ekstra di tulang belakang, otot punggung yang kencang, dan perubahan artritis pada vertebra.

Solusinya adalah dengan dukungan torakal (bagian dada) yang dapat Anda sesuaikan. Gunakan bantal stretchsit (jika ada atau handuk yang dilipat juga bisa memberikan grip bagi badan Anda) tergantung bagian belakang punggung Anda.

Bantalan punggung variasi (stretchsit) sangat efektif dalam menetralisir efek bantalan pinggang yang berlebihan, “guling” kursi yang menonjol, dan mendukung postur atau posisi leher Anda saat mengemudi. Selain itu, bantalan seperti ini bisa membantu peregangan punggung dan juga mengurangi efek tonjolan dan guncangan dalam berkendara, terutama di jalan bergelombang.

Modifikasi Jok Mobil
Sesuaikan jok mobil pada postur anda. Sumber Unsplash

Demikianlah ulasan dari Variasi Mobil jogja mengenai beberapa hal yang harus diperhatikan saat modifikasi jok mobil agar lebih nyaman saat berkendara. Jangan lupa selalu merawat jok mobil agar tetap awet. Atur diri Anda dengan posisi duduk yang baik dan peregangan badan saat mengemudi adalah salah satu teknik yang paling mudah dan cocok untuk mengemudi.

Leave a Comment