Keuntungan vs Kerugian Modifikasi Velg Mobil Yang Penting Anda Ketahui

Keuntungan vs Kerugian Modifikasi Velg Mobil Yang Penting Anda Ketahui

Melakukan modifikasi mobil tentu bukan tanpa tujuan. Selain untuk membuat tampilan mobil menjadi lebih menarik, modifikasi mobil tentu akan memberikan nilai kepuasan tersendiri bagi penggunanya, termasuk modifikasi velg mobil.

Pada umumnya bagian-bagian mobil yang dimodifikasi beragam. Mulai dari menambah stiker pada body mobil, perangkat audio, lampu, dan yang paling sering dimodifikasi adalah bagian velg mobil.

Walaupun terletak di bawah, bentuk dan model velg mempengaruhi tampilan keseluruhan mobil. Banyak orang mengganti velg standar mobilnya dengan velg modifikasi agar tampilan mobilnya lebih keren dan menarik.

Perubahan pada velg mobil memang cukup signifikan. Bahkan ada yang bilang ganti velg mobil standar maka kegantengan mobil naik 100 persen.

Sebagian besar orang merasa bahwa jika ingin memiliki tampilan mobil yang benar-benar berbeda, bagian pertama yang harus dimodifikasi adalah velg mobil. Penggantian velg mobil umumnya dari ukuran standar menjadi ukuran yang lebih besar.

Keuntungan Modifikasi Velg Mobil

Memodifikasi velg dengan dimensi yang lebih besar dari ukuran satndarnya memiliki tiga keuntungan sebagai berikut.

1. Membuat Tampilan Menjadi Lebih Keren

Modifikasi Velg Mobil Tampilan Lebih Keren, src autoblog
Tampilan Lebih Keren, src autoblog

Sudah menjadi hal yang umum, tujuan modifikasi bagian velg mobil adalah mengubah tampilan mobil. Apalagi untuk Anda yang ingin tampil dengan beda dan terlihat unik yang berbeda dari yang lainnya bisa memodifikasi pada bagian velg mobil.

Selain jadi unik dan berbeda dari yang lain, modifikasi dengan menambahkan variasi-variasi pada bagian velg mobil akan membuat tampilan mobil Anda menjadi lebih keren dan terlihat lebih gagah.

2. Meningkatkan Performa Pengereman

Modifikasi Velg Mobil Performa Pengereman, src dirtfish
Performa Pengereman, src dirtfish

Keuntungan lainnya dari variasi velg mobil yang dibuat lebih besar dari ukuran biasanya yaitu dalam hal performa pengeremannya. Hal tersebut disebabkan oleh luasnya dimensi ban yang akan lebih mencengkram aspal. Dilihat dari perhitungan jarak pengereman pun bisa lebih pendek lagi.

Misalnya, dalam penggunaan ban standar membutuhkan waktu kurang lebih 15 detik, maka dengan menggunakan mobil bermodifikasi velg dengan ukuran besar ini Anda hanya akan membutuhkan waktu sekitar 7 sampai 8 detik untuk melakukan pengereman.

3. Mampu Menempuh Medan Sulit

Modifikasi Velg Mobil Menempuh Medan Sulit, src iliketowastemytime
Menempuh Medan Sulit, src iliketowastemytime

Selain memberikan tampilan mobil yang lebih keren dan meningkatkan performa pengereman, variasi velg mobil yang lebih besar juga akan membuat mobil menjadi mampu untuk melewati medan yang sulit sekalipun.

Medan sulit yang dapat dilalui oleh model mobil yang telah dimodifikasi ukuran velg-nya dengan baik di antaranya jalan berlubang, berbatuan, berundak-undak, hingga yang tidak rata. Anda tidak perlu khawatir lagi jika melewati jalanan yang demikian.

Dengan variasi velg mobil yang lebih besar, body mobil Anda menjadi terangkat naik dan tidak masalah saat melewati medan yang sulit tersebut.

Baca juga : Tips Penting Sebelum Memilih Aksesoris untuk Mobil Kesayangan Anda

Kerugian Modifikasi Velg Mobil

Namun, selain memiliki keuntungan, modifikasi bagian velg mobil juga ternyata memiliki kerugian. Berikut adalah kerugian dari modifikasi velg dengan dimensi yang lebih besar dari ukuran standarnya.

1. Membuat Fungsi Ban Berkurang

Dengan melakukan pergantian dimensi ban, yang awalnya berukuran tebal menjadi tipis ini biasanya diikuti dengan melakukan penggantian terhadap perubahan dimensi velg yang lebih besar. Hal ini bertujuan untuk menjaga dimensi lingkar luar roda agar tetap sama. Penggantian ban menjadi lebih tipis tersebut akan menjadikan mobil menjadi lebih keras.

Pada dasarnya ban berfungsi sebagai peredam. Dengan ukurannya yang lebih tipis, tentu akan membuat peredaman yang dilakukan ban menjadi berkurang. Hal tersebut cenderung akan membuat ban mobil Anda akan semakin menipis akibat terkikis aspal jalanan.

2. Meningkatnya Konsumsi Bahan Bakar (Boros)

Modifikasi Velg Mobil Boros Bahan Bakar, src newscenter
Boros Bahan Bakar, src newscenter

Dengan velg berukuran lebih besar dari standarnya ini, mesin mobil tentu harus bekerja lebih keras untuk menggerakan velg dan ban yang ukurannya lebih besar. Hal tersebut menyebabkan konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih meningkat.

Apalagi untuk beberapa velg variasi yang berbahan besi, ini akan mengharuskan mesin bekerja lebih keras lagi dan tentunya akan mengkonsumsi bahan bakar yang lebih banyak lagi.

Demikianlah ulasan mengenai keuntungan dan kerugian modifikasi velg mobil yang penting Anda ketahui. Sebenarnya modifikasi velg mobil tidak bisa dilakukan sembarangan. Selain keuntungan dan kerugian, ada hal-hal yang harus dipertimbangkan supaya tidak menimbulkan kerugian lainnya.

Leave a Comment