Tips Praktis Memilih Kaca Film Mobil

Tips Praktis Memilih Kaca Film Mobil

Cahaya matahari yang terik cukup memberikan sengatan pada kulit dan silau bagi pengendara. Kaca film pada mobil dirasa untuk meredam panas dari matahari tersebut, juga untuk melindungi privasi pengendara dan kondisi di dalam mobil. Kualitas kaca film mobil juga beragam, mulai standar hingga premium dengan tingkat kegelapan yang memiliki ragam variasi pula. Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk memilihnya? Ada beberapa faktor yang patut dipertimbangkan dalam pemilihan kaca film.

Penggunaan kaca film sebagai bagian dari eksterior mobil sangatlah menjadi kebutuhan bagi setiap pengendara mobil. Saat ini telah banyak beredar berbagai merek dan tipe kaca film mulai dari kelas bawah maupun kelas atas. Kaca film selain berfungsi untuk menggelapkan pandangan dari luar ke dalam, kaca film juga berfungsi sebagai penolak panas untuk kendaraan / mobil Anda.

Penggunaan kaca film sangatlah penting khususnya penggunaan kaca depan pada mobil, pasalnya menggunakan kaca film yang tidak tepat mengakibatkan bahaya bagi sang pengendara dan penumpang lainnya di dalam mobil.

Pemasangan Kaca Film Pada Mobil, sumber ig sandyaudioworks
Pemasangan Kaca Film Pada Mobil, sumber ig @sandyaudioworks

Bagaimana Cara Mengetahui Kejernihan Kaca Film?

Tidak semua pemilik mobil memahami kendaraan mobil secara keseluruhan. Ada yang hanya sebagian, bahkan ada juga yang hanya mengetahui sedikit. Saat ini keberadaan bengkel variasi mobil bisa membantu para pemilik kendaraan yang tidak memahami aksesoris mobil yang satu ini.

Salah satu trik yang mudah adalah dengan mengambil selembar sampel kaca film dan arahkan ke pusat cahaya, lalu lihat apakah pusat cahayanya terlihat pecah / bias? Lalu coba arahkan kaca film ke area luar ruangan di mana targetnya adalah tempat yang sedikit gelap, apakah area di dalamnya masih terlihat jelas? dan perhatikan juga kontras dari setiap objek yang dilihat.

Tips Memilih Kaca Film Mobil

Tingkat kegelapan bukan standar utama yang digunakan, maksudnya belum tentu yang gelap itu yang baik, malah cenderung bahaya jika tingkat gelapnya kaca film mengganggu jarak pandang mata. Berikut beberapa tips memilih kaca film mobil yang tepat yang harus Anda perhatikan.

1. Kaca Film Berteknologi Night Vision

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, bahwa kaca film cenderung gelap. Namun gelapnya tersebut bukan menjadi tolok ukur utama untuk keamanan pengendara. Tips pertama yakni menggunakan kaca film berteknologi Night Vision. Meskipun dari luar kaca terlihat gelap, namun dari dalam mobil tetap bening, sehingga pengendara tidak terbatasi daya pandangnya dan dapat meminimalisir kecelakaan. Tingkat gelap kaca luar dengan teknologi Night Vision hanya berpengaruh terhadap privasi pengendara.

Penggunaan Kaca Film pada Jendela Mobil, sumber ig rhezapramudita0
Penggunaan Kaca Film pada Jendela Mobil, sumber ig @rhezapramudita0

2. Kaca Film UV 400

Sebagaimana tujuan awal pemasangan kaca film yang berfungsi untuk penolak panas dan UV dari matahari, maka pemilihan teknologi UV 400 menjadi penting adanya. Hal ini agar panas yang dapat ditolak hingga 99 persen dan melindungi pengendara di dalam mobil. Tentu dengan itu kulit menjadi tidak terbakar dan udara di dalam mobil tetap sejuk, ini juga menjadi solusi untuk melindungi sparepart mobil.

3. Kaca Film Penolak Blue Light

Blue light dapat membuat pengendara kehilangan konsentrasi, mudah mengantuk, kelelahan, sakit kepala, dan lainnya. Jadi, cari kaca film dengan teknologi penolak blue light. Biasanya teknologi ini tersedia untuk kaca film kelas premium. Dengan teknologi penolak blue light, tingkat cahaya bisa direduksi maksimal sehingga potensi kerusakan retina menjadi kecil.

4. Tingkat Kegelapan Kaca Film Untuk Setiap Bagian

Hal yang paling penting yang harus Anda perhatikan adalah tingkat kegelapan yang dapat menunjang keamanan berkendara. Untuk kaca depan, disarankan hanya boleh 20 persen kegelapan agar pengemudi bisa tetap melihat jalan dengan leluasa.

Pemasangan Kaca Film, sumber ig otosafebogor
Pemasangan Kaca Film, sumber ig @otosafebogor

Kaca film depan jika digunakan dengan kualitas tidak baik akan mengakibatkan panas yang berlebih pada kabin dan bias jika terkena sorotan lampu kendaraan lain pada saat malam hari yang mengakibatkan Anda tidak dapat melihat kondisi jalan di depan Anda. Kondisi tersebut sangatlah berbahaya jika berada di jalan yang medannya membutuhkan fokus yang lebih.

Untuk kaca samping, disarankan kegelapan 20%-40% agar Anda bisa tetap leluasa melihat kaca spion saat mengemudi. Sedangkan untuk kaca belakang, Anda bisa gunakan kaca film mobil dengan tingkat kegelapan hingga 60% jika sudah menggunakan mode rayben.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa tips praktis memilih kaca film mobil yang baik dan benar. Dengan memilih kaca film yang tepat, tentu Anda akan lebih aman dan nyaman saat berkendara dengan mobil Anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan simak informasi lain terkait perawatan mobil di jogjavariasimobil.com.

Leave a Comment