Tips Ampuh Untuk Mencegah Karat Pada Mobil Anda

Tips Ampuh Untuk Mencegah Karat Pada Mobil Anda

Memiliki kendaraan pribadi adalah impian semua orang. Apalagi jika kendaraan pribadi tersebut berupa mobil yang harganya tentu tidak murah. Pasti kita akan dengan hati-hati menjaganya. Salah satu hal yang paling kita perhatikan adalah karat. Tentu kita tidak ingin mobil kita terlihat jelek dengan adanya karat. Ternyata, ada beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk mencegah karat pada mobil.

Tips mencegah munculnya karat ada mobil

Merawat mobil kesayangan bukan hal yang bisa ditawar lagi. Karen memiliki mobil bukan sekedar pelengkap tetapi hampir menjadi kebutuhan utama untuk sebagian orang. Perawatan yang diperlukan juga terkadang merupakan tuntutan karena apabila tidak dipenuhi mobil akan berfungsi tidak normal. Untuk tampilan aslinya bisa menjadi nomor 2. Nah, berbicara masalah karat, hal ini bisa menjadi masalah utama. Karat pada bagian mobil bisa membuat keropos sehingga kekuatan bagian mobil bisa berkurang dan bahkan menyebabkan beberapa bagian mobil rusak.

Tapi jangan khawatir. Selalu saja ada inovasi untuk merawat mobil kesayangan kita. Variasi mobil Jogja akan merangkum beberapa tips yang bisa menjadi solusi untuk mencegah karat pada mobil Anda. Simak beberapa tips yang berhasil dirangkum Variasi mobil Jogja berikut ini.

1. Harus rajin dalam memeriksa ruang roda (wheel well) dan bumper mobil

Karat seringkali terlihat pada wheel well kendaraan. Hal ini adalah hal yang wajar terjadi karena memang bagian ini sering kotor dan sulit dijangkau sehingga cenderung diabaikan. Kebanyakan produsen ban sebenarnya telah menyadari hal ini, itulah mengapa mereka menyarankan pengguna kendaraan untuk merotasikan roda setiap 10.000 km. Karena ketika roda dilepaskan dari ruangnya saat akan dirotasikan, pemilik mobil dapat sekaligus mencari karat di ruang roda.

2. Cobalah untuk mencari gejala karat pada sambungan komponen di bagian badan mobil

Ilustrasi Karat Pada Mobil, sumber ig shots_by_niko
Ilustrasi Karat Pada Mobil, sumber ig @shots_by_niko

Karat biasanya rentan muncul pada sambungan-sambungan dua logam, apalagi pada logam yang keduanya saling bergesekan. Gesekan yang terjadi akan mengikis perlindungan dari cat sehingga karat akan muncul. Pastikan untuk selalu memeriksa area tempat komponen-komponen badan mobil bertemu, misalnya di kerangka pintu yang menjadi pertemuan kap dengan spatbor, dan pada bagian di sekitar bagasi mobil anda.

3. Perhatikan kondisi bagian dasar mobil

Bagian bawah mobil adalah bagian yang mendapat beban paling berat dan rentan terhadap karat. Cek bagian bawah kendaraan Anda ketika sedang mengganti oli atau merotasikan ban-ban mobil untuk mencari timbulnya gejala pembentukan karat.

4. Jangan sampai ada genangan air di dalam kendaraan

Setiap kendaraan memang telah dirancang untuk bertahan di segala macam cuaca yang dihadapi. Kendaraan dilengkapi dengan Cat, lapisan transparan, dan potongan lis plastik dengan tujuan melindungi kendaraan tersebut dari gejala munculnya karat, tetapi makin lama tentu perlindungan ini makin berkurang. Pastikan untuk selalu memantau kendaraan Anda agar tidak tergenang air. Jika terlanjur, maka segera keringkan, dan gunakan pula buku panduan yang ada untuk mencari lubang drainase agar lebih mudah menguras air yang menggenang.

5. Jangan Melupakan jadwal mencuci kendaraan

Banyak yang beranggapan bahwa kotoran bukanlah penyebab karat secara langsung, namun kotoran dan endapan akan mengikis cat mobil seiring waktu, terutama jika kotoran tersebut sampai menyentuh cat. Contohnya seperti kotoran burung maupun cipratan bensin juga dapat mengurangi perlindungan mobil terhadap karat. Untuk itu, cucilah kendaraan dengan teratur atau ketika kendaraan tiba-tiba terkena kotoran yang berpotensi menimbulkan karat.

6. Gunakan soda kue untuk menetralkan garam jalan

Bagi Anda yang kendaraannya sering kali terkena garam jalan, maka Anda perlu untuk menambahkan satu sendok soda kue ke dalam campuran sampo mobil ketika hendak mencuci bagian bawah dan ruang roda mobil. Usahakan untuk tidak meninggalkan sedikitpun bagian yang rentan. Dengan begitu bagian mobil yang rentan akan terlindungi dengan sempurna.

Demikian beberapa tips untuk mencegah karat pada mobil. Meski begitu saat ini terdapat beberapa alternatif lainnya seperti anti karat untuk melindungi mobil Anda dari karat, namun tidak ada salahnya untuk tetap bisa merawatnya sendiri. Semoga informasi ini bisa membantu Anda untuk merawat mobil kesayangan Anda. Jangan lupa ikuti tips dan informasi variasi mobil jogja lainnya di halaman kami.

Leave a Comment