Tips Perawatan Praktis Untuk Menghilangkan Goresan Pada Cat Mobil

Tips Perawatan Praktis Untuk Menghilangkan Goresan Pada Cat Mobil

Memiliki kendaraan mobil pribadi sangat membantu bagi sebagian orang. Kendaraan mobil bermanfaat untuk keperluan jarak jauh dalam waktu yang singkat dibandingkan dengan jenis kendaraan pribadi lainnya. Selain itu mobil juga menjadi andalan di tengah cuaca ekstrim di sekitar kita dan kondisi lalu lintas yang tidak menentu. Untuk itu, para pemilik kendaraan pribadi harus memiliki sedikit pengetahuan tentang perawatan mobil untuk masalah-masalah yang bisa diatasi sendiri seperti tips menghilangkan goresan pada cat mobil. Dengan mengetahui cara atau tips melakukan perawatan mobil sendiri, maka Anda akan mampu menghemat dari biaya-biaya yang tidak perlu.

Mobil tergores adalah salah satu resiko ketika Anda menggunakan kendaraan pribadi di jalanan yang ramai pengendara lainnya. Hal ini tentu sudah menjadi hal yang pasti yang akan terjadi pada kendaraan anda. Namun, goresan pada cat mobil Anda tentu bukanlah sesuatu yang enak di pandang oleh mata. Beberapa orang tentu merasa terganggu dengan goresan pada mobil. Untuk menghilangkannya, ada tips yang mudah yang bisa Anda lakukan.

Tips menghilangkan goresan pada cat mobil

Sebelum menyimak tips menghilangkan goresan pada cat mobil ini, perlu diketahui bahwa tips ini memang hanya khusus untuk kondisi tertentu. Untuk kondisi yang sulit dan beresiko memang sebaiknya Anda menghubungi bengkel variasi mobil Jogja terdekat. Nah, berikut ini tips perawatan mobil untuk Anda.

1. Cermati Jenis Goresan yang Ada pada Badan Mobil

Periksa dengan baik goresan yang ada pada mobil anda, karena jenis goresan yang ada akan mempengaruhi treatment bagi mobil anda. Jika goresan yang ada ternyata tidak dalam, maka goresan tersebut akan lebih mudah untuk dihilangkan. Untuk itu, Anda perlu memeriksa kedalaman goresan tersebut. Jika goresan yang ada sampai mengakibatkan terlihatnya warna perak khas besi atau logam maka, goresan tersebut termasuk dalam dan mungkin lebih sulit untuk diperbaiki sendiri di rumah.

Ilustrasi Goresan Pada Cat Mobil, sumber ig chriszhou2018
Ilustrasi Goresan Pada Cat Mobil, sumber ig @chriszhou2018

2. Gunakan Kompon untuk Menghilangkan Goresan

Goresan yang kondisinya tidak berat dapat dihilangkan dengan cara memoles bagian tersebut menggunakan kompon. Bahan kimia dalam bentuk krim ini banyak dijual di berbagai toko aksesoris dan juga toko perkakas otomotif. Kompon memiliki fungsi untuk mengikis cat di sekitar goresan, hingga goresan menjadi hilang tertutup oleh cat yang ada di area sekitarnya. Kompon yang sering digunakan untuk menghilangkan goresan ringan yaitu kompon putih yang memiliki daya kikis yang cukup kuat.

Pertama-tama Anda perlu membersihkan permukaan mobil yang tergores dengan menggunakan air agar dapat menghilangkan debu dan kotoran yang mungkin masih menempel. Selanjutnya lap permukaan mobil dengan lap kain mikro fiber hingga kondisinya menjadi kering.

Setelah kering, Anda dapat memoles bagian tersebut menggunakan kompon poles. Poleslah dengan relatif cepat agar tidak lekas mengering. Sebab jika sudah mongering maka bekas kompon yang menempel biasanya akan sulit dibersihkan dan malah menjadi bercak.

Ketika Anda mulai memoles, jangan terlalu ditekan, dan setelah proses memoles selesai barulah dapat Anda bilas kembali bekas goresan dengan air bersih kemudian dikeringkan. Langkah terakhir, lapisi dengan wax supaya kembali mengkilap.

3. Samarkan Goresan di Mobil Memakai Scratch Remover

Untuk goresan yang sifatnya tidak parah, Anda dapat mencoba menutupinya dengan menggunakan scratch remover. Cairan ini biasanya dijual di toko aksesoris mobil. Aplikasi scratch remover ini mungkin butuh hingga lima kali poles untuk menghilangkan goresan dengan baik.

Untuk cara pemakaian cairan ini, Anda cukup oleskan dengan menggunakan jari tangan pada bodi mobil yang tergores secara merata. Setelah itu, gosoklah bagian tersebut dengan menggunakan kain micro-fiber. Saat menggosok pastikan dengan menekan secara perlahan sehingga cairan scratch remover ini bisa bekerja dengan baik.

4. Menghilangkan Goresan di Mobil dengan Obat Nyamuk

Cara lainnya yang patut dicoba adalah dengan menggunakan obat nyamuk, meskipun tidak lazim dan kandungannya obat nyamuk juga relative keras, namun hal ini masih dipercaya beberapa pemilik mobil untuk menghilangkan goresan. Oleskan obat nyamuk lotion pada bagian yang lecet dan biarkan selama 10-20 detik. Setelah itu, gunakan air untuk membasahi daerah yang lecet tersebut dan segera keringkan.

Demikian ulasan mengenai tips perawatan mobil untuk menghilangkan goresan pada cat mobil. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk Anda. Simak ulasan variasi mobil lainnya di halaman kami. Selamat beraktivitas dan patuhi rambu-rambu lalu lintas.

Leave a Comment