tips merawat bagian interior

Tips Merawat Bagian Interior Utama Mobil

Dalam kinerja mobil yang menjadi salah satu hal yang mempengaruhi adalah kebersihan mobil. Bagi Anda yang memiliki mobil tentu tidak hanya memperhatikan kebersihan bagian luar atau eksterior mobil yang terlihat, tetapi perlu memperhatikan kebersihan bagian dalam atau interior mobil, apalagi jika terdapat seranggan di dalam mobil. Memang interior mobil tidak terlalu terlihat dibandingkan eksterior tetapi cara atau tips merawat bagian interior agak sulit dibandingkan eksterior karena ada beberapa bagian interior yang sulit di jangkau.

Bagian interior mobil terdiri dari beberapa bagian penting seperti jok, dashboard, plafon, dan lain-lain. Setiap komponen tersebut memiliki cara pembersihan yang berbeda-beda. Tidak sedikit dari orang yang memiliki mobil ternyata belum mengetahui bagaimana cara membersihkan interior mobil dengan benar dan tepat. Nah, berikut ini artikel website jasa variasi mobil Jogja akan memberikan informasi mengenai tips merawat interior mobil.

1. Membersihkan Jok Mobil

Jok digunakan sebagai tempat duduk penumpang mobil selama perjalanan. Agar membuat perjalanan Anda terasa nyaman tentunya merawat jok mobil perlu dilakukan. Ada beberapa jenis jok dengan cara perawatan yang berbeda pula, yakni:

a. Jok Berbahan Kulit Asli

Membersihkan jok berbahan kulit asli, dapat dilakukan dengan menyiapkan lap kain berbahan halus, plas chamois, kuas dengan bulu yang lembut, dan vacum cleaner (jika ada). Bagian yang tidak terjangkau, dapat dibersihkan dengan menggunakan menggunakan kuas atau vacum cleaner. Cara membersihkannya adalah:

  • Usap jok dengan menggunakan plas chamois yang sebagian telah dibasahi dan diperas.
  • Semprotkan cairan pembersih ke jok mobil.
  • Semprotkan satu per satu bagian jok mobil.
  • Perlu diperhatikan bahwa jangan sampai sabun pembersih kering sebelum mengelap.
  • Lakukan secara berkala selama 3 s/d 4 bulan.

b. Jok Berbahan Beludru

Membersihkan jok mobil berbahan beludru perlu diperhatikan baik-baik dibandingkan dengan jenis bahan jok lainnya. Alat-alat yang perlu dipersiapkan seperti sikat yang ber kuas halus, lap kain halus, cairan pembersih khusus bahan beludru, dan vacum cleaner (bila ada). Cara membersihkannya adalah:

  • Bersihkan kotoran kotoran yang menempel pada jok dengan menggunakan kuas ataupun vacum cleaner.
  • Semprotkan cairan pembersih ke bagian jok yang akan dibersihkan.
  • Sikatlah dengan menggunakan sikat halus bagian jok yang telah disemprotkan dengan menggunakan cairan pembersih.
  • Jika kotoran melekat dengan kuat, dapat melakukan hal ini berulang kali hingga bagian jok tersebut bersih. Setelah selesai, lap bersih permukaan jok dan keringkan.

2. Membersihkan Dashboard Mobil

Dashboard adalah bagian dalam mobil yang paling sering terkena paparan sinar matahari. Sehingga perlu dilakukan perawatan dan pembersihan secara rutin agar tidak menimbulkan keretakan dan warna yang memudar. Cara memebersihkan adalah:

  • Membersihkan debu-debu yang menempel pada dashboard dengan menggunakan kemoceng.
  • Semprotkan cairan pembersih ke bagian dashboard yang akan dibersihkan.
  • Lap dengan menggunakan kain.
  • Jangan menekan terlalu keras karena dapat menimbulkan goresan kecil pada dashboard.
  • Bersihkan pula debu-debu yang ada pada bagian yang sulit di jangkau seperti pojok dashboard, blower penyejuk udara dan bagian lainnya dengan menggunakan kuas.
  • Lap dengan menggunakan kain kering agar sabun atau cairan pembersih tidak meninggalkan bekas atau flek.
  • Perawatan dapat mengoleskan cairan pelindung atau treatment protection yang berfungsi membuat dashboard mengkilap dan menjaga kelembapan. selain itu juga berfungsi untuk menghilangkan bau pada mobil.

3. Membersihkan Plafon Mobil

Plafon mobil merupakan salah satu bagian interior mobil yang perlu juga dibersihkan secara rutin. Untuk membersihkannya sedikit berhati-hati agar plafon mobil tidak menjadi kendur, sobek, ataupun rusak. Ada beberapa cara membersihkan plafon mobil, yakni:

Membersihkan Plafon Mobil dengan Air

Membersihkan plafon mobil dengan air dapat dilakukan dengan cara berikut:

  • Gunakan lap setengah basah untuk membersihkan bagian plafon mobil.
  • Plafon mobil terdiri dari berlapis-lapis material maka diperlukan cara-cara khusus untuk membersihkannya.
  • Lapisan wol pada luar plafon akan lembab bila terkena air dan kelembaban yang berlebih akan menimbulkan bau tidak sedap di dalam mobil.
  • Bagian plafon mobil yang lembab dapat menimbulkan tumbuhnya jamur di dalam mobil.

Membersihkan Plafon Mobil dengan Cairan Pembersih

Membersihkan plafon mobil dengan cairan pembersih jangan menggunakan air sabun karena nantinya dapat berakibat buruk pada bagian mobil tetapi dapat menggunakan kain microfiber yang berbahan lembut dan halus untuk membersihkan plafon mobil. Gunakan kain microfiber sehingga tidak akan merusak bahan plafon mobil. Cara pembersihannya dapat dilakukan cara berikut:

  • Membasahi sedikit bagian kain microfiber lalu bersihkan plafon mobil. Jangan menggosok kain terlalu keras karena akan menyebabkan bahan plafon menjadi rusak bahkan sobek. Jangan pula menekan kain terlalu keras yang nantinya dapat membuat plafon mobil anda berlubang.
  • Membersihkan plafon mobil bisa juga menggunakan vacuum cleaner. Perlu diperhatikan untuk mengatur daya serap vacum cleaner. Jangan menggunakan daya serap yang terlalu tinggi karena dapat menyebabkan bagian plafon mobil menjadi kendur dan rusak. Cukup gunakan kekuatan ringan saja sudah dapat membersihkan bagian plafon mobil.

Jika terdapat noda pada plafon mobil, dapat membersihkan dengan sabun pembersih dan kain yang lembut. Cara pembersihannya dapat dilakukan cara berikut:

  • Usap secara perlahan sehingga tidak membuat plafon mobil menjadi rusak atau sobek.
  • Oleskan sabun pembersih hanya di bagian yang terkena noda.
  • Lap dengan menggunakan lap basah hingga sabun benar-benar hilang.
  • Pastikan sabun pembersih sudah tidak terdapat pada plafon mobil, karena sabun yang masih tersisa akan menyebabkan kain plafon menjadi keras dan serat kain menjadi rapuh. Tentunya hal ini dapat menyebabkan plafon mobil menjadi rusak.
tips merawat bagian interior
Bagian dashboard harus rutin dibersihkan. Sumber Unsplash

Tiga komponen interior diatas penting diperhatikan dan dilakukan perawatan karena sering terkena kotoran atau debu yang berasal dari lingkungan atau badan Kita. Melakukan perawatan jauh lebih baik daripada mengganti dengan interior yang lebih bagus karena akan mengeluarkan budget yang tidak sedikit. Sehingga uang untuk perawatan interior mobil bisa digunakan untuk merawat komponen lain mobil.

Itulah ulasan mengenai tips merawat bagian interior mobil. Semog artikel ini bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik kami lainnya tentang tips menghindari pencurian mobil. Terima kasih.

Leave a Comment