Tips Bermanfaat Untuk Menghindari Mobil Dari Pelaku Pencurian

Tips Bermanfaat Untuk Menghindari Mobil Dari Pelaku Pencurian

Saat ini banyak kondisi-kondisi yang tidak bisa diprediksi. Bencana alam, Kerusakan lingkungan, termasuk juga kriminalitas dan kondisi-kondisi lainnya. Di tengah kondisi-kondisi tersebut, kita harus mampu untuk melakukan antisipasi semaksimal mungkin yang kita bisa. Terutama terkait keselamatan diri sendiri dan keluarga tercinta kita. Selain prioritas utama yaitu diri sendiri dan keluarga, selanjutnya kita juga perlu berpikir bagaimana cara untuk menyelamatkan harta benda yang kita miliki jika terjadi kondisi-kondisi diatas.

Berhati–hati dan meningkatkan kewaspadaan adalah hal yang tepat dan dapat dilakukan untuk memilimalisir tindak kejahatan pencurian terhadap barang–barang Anda. Barang–barang yang dimaksud di sini termasuk di dalamnya adalah kendaraan. Sudahkah Anda melakukannya? Untuk jenis kendaraan mobil, berikut ini tips dan trik agar mobil Anda selalu aman, dan Anda pun tenang.

Tips Agar Mobil Tetap Aman

Bagaimanapun, mobil merupakan salah satu yang memiliki manfaat bagi kita. Karenanya kita berusaha untuk selalu menjaga dan merawatnya. Di tengah kondisi sosial dan ekonomi yang tidak menentu di sekitar kita, banyak hal yang tidak bisa diprediksi yang kemungkinan bisa menimpa kita. Bagaimana dengan antisipasi untuk menjaga mobil dari pencurian? Berikut beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat untuk menangkan pencurian mobil.

1. Alarm/Sensor

Alarm/sensor merupakan cara yang umum digunakan untuk membuat mobil Anda tetap aman di parkiran. Alarm/sensor ini biasanya akan berbunyi ketika suatu tindakan, misalnya pintu mobil yang dibuka tanpa mematikan alarm/sensor terlebih dahulu saat mobil Anda dalam keadaan off, berhenti, atau parkir. Pencuri tidak akan mengetahui sebuah mobil dipasang alarm/sensor sebelum dilakukan pengamatan terhadap mobil yang diincarnya terlebih dahulu. Bunyi yang dihasilkan cukup keras, sehingga dapat menarik perhatian orang–orang disekitarnya. Tidak hanya pencuri, ketika Anda membuka pintu mobil tanpa mematikan alarm/sensor mobil terlebih dahulu dari remote yang Anda miliki, alarm/sensor tersebut pun akan tetap berbunyi. Jadi, Anda harus tetap fokus ya.

2. Kunci Stir

Sesuai dengan namanya, kunci ini dipasang pada stir mobil untuk mengamankan stir mobil agar tidak dapat dioperasikan sebelum kunci stir yang terpasang ini dilepas terlebih dahulu dengan kuncinya. Kunci stir dipasang melintang pada stir. Meskipun cukup merepotkan dan memakan space, namun penggunaan kunci stir sebagai pengaman mobil Anda cukup efektif untuk menangkal keadaan-keadaan yang tidak Anda inginkan.

3. Amankan Barang Berharga

Hindari untuk meninggalkan barang–barang berharga di dalam mobil Anda. Hal ini akan menarik mata pencuri.
Walaupun kaca mobil sudah dipasang gelap, sehingga tidak terlihat dari luar, dan sudah dipasang alat pengaman mobil, tetap saja untuk tidak meninggalkan surat–surat/barang/benda berharga di dalam mobil, karena Anda tidak akan tahu kejadian selanjutnya yang menimpa Anda, maka harus tetap mengantisipasinya. Karena godaan bisa mendorong untuk memicu hal-hal yang tidak Anda inginkan.

3. Pastikan Benar Terkunci

Safety Car, sumber ig martarg14
Safety Car, sumber ig @martarg14

Sebelum meninggalkan mobil di area parkir, yakin dan pastikan bahwa mobil Anda sudah terkunci dengan baik, dan pengaman mobil telah Anda pasang atau Anda aktifkan. Karena kunci merupakan standar minimal pengamanan mobil Anda.

4. Hindari Pojokan Parkir

Anda harus sebisa mungkin untuk menghindari spot parkir di tempat-tempat seperti pojok gedung atau perkiran. Mengapa? Karena pencuri lebih menyukai situasi yang sepi, dan daerah pojokan parkir biasanya yang luput dari perhatian orang banyak, dan luput dari pengawasan. Oleh karena itu, apabila masih ada space parkir, lebih baik hindari daerah pojok. Usahakan untuk parkir di area yang masih dapat dijangkau oleh pengawasan Anda, ramai, namun juga tidak terlalu ramai karena akan menyulitkan pengawasan Anda.

5. CCTV/Pelacak

Mobil–mobil modern, dan mobil–mobil para pejabat atau orang penting biasanya sudah dilengkapi dengan pelacak, cctv, serta gps yang diletakkan tersembunyi pada mobil. Sehingga ketika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi akan dengan mudah untuk menelisiknya.

Cukup banyak bukan cara untuk menghindarkan mobil Anda dari pencurian? Jadi tidak ada alasan lagi untuk membiarkan mobil Anda tanpa alat pengaman, karena menyesal kemudain tiadalah berguna. Demikian beberapa tips kendaraan mobil yang bisa disampaikan agar terhindar dari tindakan dan pelaku pencurian mobil. Semoga bisa bermanfaat!

Leave a Comment