Tips Perawatan Audio Mobil Yang Perlu Anda Perhatikan

Tips Perawatan Audio Mobil Yang Perlu Anda Perhatikan

Saat ini, audio mobil merupakan barang yang umum terdapat dalam setiap mobil. Audio adalah salah satu perangkat pelengkap mobil yang mempunyai fungsi untuk menghibur penumpang dengan melalui radio ataupun lagu yang telah disiapkan.

Saat ini terdapat beragam merek dan jenis audio mobil dengan kisaran harga mulai dari puluhan ribu hingga puluhan juta, tergantung pada apa yang ingin dibeli. Akan tetapi, dengan manfaat audio yang lumayan penting untuk menghibur, kadang kala banyak yang menyepelekan perawatan perangkat ini. Padahal perawatan audio mobil tidaklah sulit dan tips perawatan audio ,obil banyak terdapat di berbagai artikel..

Tips Perawatan Audio Mobil
Berkendara menjadi lebih santai dengan adanya audio mobil. Sumber pexels

Berikat uraian mengenai tips perawatan audio mobil yang perlu Anda perhatikan.

1. Mematikan Audio Mobil Sebelum Mematikan Mesin Mobil

Langkah yang pertama perawatan audio mobil yaitu mematikan audio terlebih dahulu sebelum mematikan mesin mobil, mematikan mesin mobil tanpa mematikan audio mobil ternyata dapat memperpendek usia audio, ketika sistem audio mobil tetap menyala saat Anda mematikan mobil maka audio pun akan secara otomatis menyala bersamaan dengan saat mobil kembali distarter.

Jika terjadi seperti itu, sistem audio akan mendapatkan tegangan dari aki yang kurang stabil sehingga dapat merusak komponen di dalamnya. Selanjutnya jika Anda ingin melakukan modifikasi audio mobil, lakukanlah dengan benar, jangan asal-asalan. Jika prosesnya dilakukan asal-asalan, yang ada audio mobil Anda akan mengalami kerusakan.

2. Menggunakan CD Original

Tidak dapat dipungkiri lagi, CD dengan kualitas original juga mempengaruhi kondisi audio player Anda, hal ini karena CD original memberikan efek kepada kinerja optik pada audio player anda. Kualitas audio yang buruk ternyata disebabkan oleh penggunaan dari CD bajakan.

CD bajakan memang tidak memiliki kualitas audio sebagus CD yang asli. Selain itu CD bajakan membuat perangkat menjadi bekerja lebih keras lagi sehingga audio menjadi cepat rusak. Nah, hal ini akan menjadi alasan kita agar selalu membeli CD yang asli. Untuk memaksimalkan perawatan audio mobil, sudah sewajarnya anda melakukan perawatan interior mobil yang lainnya.

3. Pengaturan Volume Tidak Melebihi Batas Maksimal

Selain mengganggu pendengaran, suara yang terlalu keras juga membuat audio menjadi cepat rusak. Dalam hal ini menggunakan audio dengan volume tidak melebihi batas maksimal, biasanya jika kita menggunakan volume yang terlalu keras, audio player sering kali mengalami kerusakan entah karena hantaman suara yang terlalu keras sehingga membuat audio menjadi tidak mampu lagi mengeluarkan suara terbaiknya.

Hal ini juga menjadi salah satu penyebab rusaknya speaker mobil. jika speaker mati dan untuk mengetahui kerusakannya, Anda harus melihat terlebih dahulu apakah sistem audio tersebut menggunakan ampliffier atau tidak, jika tidak biasanya kerusakan terjadi di bagian kabel. Seperti kabel yang terjepit pintu ataupun kabel yang menempel di bagian body.

Solusinya adalah dengan membuka door trim pintu lalu memeriksa kabel speaker dan sambung kembali kabel yang terlepas atau rapikan kabel tersebut. Namun, apabila menggunakan amplifier, biasanya disebabkan oleh overheat atau power yang terlalu panas. Solusinya yaitu anda jangan menutup lubang sirkulasi pada amplifier mobil anda.

4. Pengaturan Komposisi Bass, Trible, dan Midle Teratur

Mengatur keseimbangan komposisi bass, trible, midle atau yang biasa disebut dengan equalizer merupakan hal yang cukup menarik. Dengan kombinasi suara bass, trible dan midlle yang seimbang akan menghasilkan kualitas suara yang terbaik karena enak didengar dan dapat memperpanjang usia audio. Hal tersebut karena equalizer yang berfungsi untuk menyesuaikan suara diatur secara seimbang.

5. Membersihkan Debu di Head Unit

Langkah berikutnya yaitu sering-sering untuk membersihkan debu yang menempel di Head Unit. Bersihkan debu-debu yang menempel di celah-celah yang tak terlihat, karena biasanya dengan banyaknya debu yang menumpuk membuat power audio cepat panas. Sehingga salah satu cara untuk menghindari hal tersebut yaitu dengan membersihkan debu yang banyak menempel di Head Unit.

6. Membersihkan Optik dengan CD Cleaner

Langkah terakhir dalam perawatan audio mobil Anda, usahakan setiap satu atau dua bulan sekali membersihkan optik, cukup mudah membersihkan optik audio player karena saat ini banyak pembersih optik yang dijual di toko aksesoris mobil. Biasanya pembersih optik berupa cairan yang dapat disemprotkan, bersihkan optik dengan cara menyemprotkan menggunakan CD cleaner, kemudian bersihkan. Hal ini dapat membantu merawat optik pada mobil anda.

Tips Merawat Audio Mobil

Demikian ulasan mengenai tips perawatan audio mobil yang perlu Anda perhatikan. Melakukan langkah perawatan audio mobil dengan baik tentu akan memperpanjang usia audio mobil Anda. Dan untuk komponen variasi mobil lainnya tentu harus dirawat dengan baik. Untuk kualitas komponen variasi mobil terbaik bisa dipercayakan di variasi mobil Jogja.  Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Comment