Tips Perawatan Mesin Mobil Praktis Untuk Anda!

Tips Perawatan Mesin Mobil Praktis Untuk Anda!

Mobil adalah kendaraan yang pribadi yang memiliki banyak manfaat. Wajar saja jika memiliki kendaraan mobil pribadi menjadi idaman sebagian orang. Jika sudah memiliki mobil pribadi, apakah hanya tinggal memanfaatkannya? Ternyata tidak demikian. Para pemilik kendaraan mobil pribadi harus memahami cara perawatannya juga. Perawatan yang dimaksud bukanlah perawatan berkala sehingga membutuhkan alat-alat montir, namun perawatan untuk menjaga mobil agar tetap prima untuk menemani aktivitas sehari-hari Anda. Salah satu yang harus dijaga adalah mesin. Sehingga para pemilik kendaraan pribadi harus memahami bagaimana cara perawatan mesin mobil.

Perawatan mobil bukanlah sesuatu yang bisa dikesampingkan. Meskipun membutuhkan biaya yang tidak sedikit, namun pengeluaran biaya untuk perawatan mobil sepadan dengan performa mobil yang Anda dapatkan. Semakin rutin perawatannya, semakin baik performa mobil Anda sehingga memberikan manfaat untuk Anda. Nah, khusus untuk mesin, berikut ini terdapat beberapa tips perawatan mesin mobil untuk Anda ketahui.

Tips Perawatan Mesin Mobil

Tips-tips perawatan mesin mobil dibawah ini bertujuan untuk menjaga agar mobil tetap bisa berfungsi dengan baik yang tentu akan bermanfaat bagi pemilik mobil pribadi hingga pengusaha rental mobil. Terdapat beberapa hal yang bisa Anda lakukan sendiri, namun ada juga beberapa tips yang harus dilakukan oleh profesional agar tidak timbul resiko kerusakan. Simak beberapa tips berikut ini.

Ilustrasi Perawatan Mesin Mobil, sumber ig kianaples
Ilustrasi Perawatan Mesin Mobil, sumber ig @kianaples

1. Mengganti oli mobil secara rutin

Oli adalah salah satu komponen penting bagi mobil. Oli berfungsi sebagai pelumas dan pendingin bagi mesin mobil dan bagian mobil lainnya. Oli mobil harus diganti secara rutin setiap 3 bulan sekali atau jika sudah menempuh jarak 5000 kilometer. Pilih oli yang sesuai dengan mobil Anda, dan masukkan oli sesuai takaran. Mengganti oli ini bisa dilakukan sendiri meskipun terkadang membutuhkan alat tertentu untuk mengosongkan tangki oli sehingga bersih dari oli bekas.

2. Memastikan air radiator terisi

Radiator adalah bagian penting pada mobil yang fungsinya menetralkan panas pada mesin mobil. Jika air radiator kosong, mesin bisa mengalami overheat dan mengalami kerusakan. Bahkan bisa menyebabkan kebakaran yang membahayakan penumpang mobil. Air radiator sebaiknya diganti setiap menempuh jarak 1000 kilometer. Dan pastikan saat mengganti air radiator, mesin mobil dalam keadaan dingin dan tidak sedang menyala.

3. Membersihkan Filter Karburasi

Filter karburasi yang tersumbat oleh kotoran akan membuat mesin mobil susah dinyalakan. Oleh karena itu, Anda harus rajin membersihkan filter karburasi. Untuk membersihkan filter karburasi, cukup dengan menggunakan sikat gigi. Jangan gunakan hairdryer karena beresiko merusak filter karburasi.

4. Mengganti spare part yang rusak dengan spare part original

Mobil terdiri dari banyak sekali komponen penyusunnya. Terkadang, performa mobil menurun karena salah satu komponen atau sering disebut spare partnya rusak. Di bengkel, biasanya Anda akan ditawari untuk mengganti dengan spare part asli atau tiruan. Jangan terkecoh dengan harga yang murah, namun pastikan mobil Anda diperbaiki dengan spare part yang asli.

5. Memastikan timing belt bekerja dengan baik

Bila terdengar suara dengung saat mobil dinyalakan, bisa saja terjadi kerusakan pada timing belt. Timing belt adalah bagian mobil yang fungsinya meneruskan putaran roda gigi yang dihubungkan ke bagian internal mesin mobil. Jika kerusakan dibiarkan, timing belt bisa putus dan merusak komponen lain. Timing belt sebaiknya diganti jika mobil sudah mencapai jarak tempuh 40.000 kilometer.

6. Memastikan aki mobil dalam keadaan yang baik

Aki adalah bagian dari mobil yang berfungsi sebagai sumber energi listrik yang diubah dari energi kimia. Untuk memastikan aki dalam keadaan yang baik, cek kondisi air aki. Air aki seharusnya berada di antara garis batas penanda. Selain itu, cek juga kondisi tegangan aki dengan voltmeter. Jika aki mobil Anda sudah tidak bekerja dengan baik, Anda bisa melakukan stroom aki atau menggantinya dengan yang baru.

Demikian beberapa tips perawatan mesin mobil untuk Anda. Setidaknya, sebagai pemilik kendaraan mobil pribadi harus memahami sebagian informasi agar mampu menjaga kendaraan pribadinya. Semoga informasi ini bisa membantu Anda, khususnya para pemilik kendaraan mobil pribadi. Simak terus ulasan variasi mobil Jogja lainnya bersama kami dan jagalah keselamatan Anda selama berkendara.

Leave a Comment