Beberapa Tips Bermanfaat Mengenai Mobil yang Kebanjiran

Beberapa Tips Bermanfaat Mengenai Mobil yang Kebanjiran

Bagi Anda pemilik mobil, banyak hal yang harus dilakukan untuk terus menjaga dan merawat kondisi mobil Anda. Termasuk akibat dari perubahan dan kondisi cuaca yang tidak menentu. Indonesia terkenal sebagai salah satu wilayah dengan kondisi cuaca ekstrim dan salah satu wilayah yang kerap kali terjadi bencana. Tentu hal ini menjadi kekhawatiran salah satunya para pemilik kendaraan bermotor yaitu mobil.

Salah satu kondisi yang perlu diantisipasi oleh pemilik mobil di Indonesia adalah banjir. Banjir merupakan hal yang sering terjadi di Indonesia. Kerugian akibat banjir ini dapat dirasakan oleh siapa saja. Termasuk para pemilik kendaraan pribadi yang kendaraannya terutama mobilnya terendam banjir. Hal ini tentu akan menyusahkan dan merepotkan. Untuk itu, perlu diketahui apa saja yang harus diperhatikan dan dilakukan saat kendaraan terendam banjir.

Menangani Mobil yang Terendam Banjir

Mobil merupakan kendaraan yang terdiri dari komponen-komponen seperti mesin, kelistrikan, material dan komponen lainnya. Semua komponen ini harus terjaga agar mobil tetap bisa berfungsi dengan baik. Salah satu hal yang perlu diwaspadai untuk menjaga komponen-komponen mobil tersebut adalah kemasukan air akibat kebanjiran. Bagaimana cara penanganan seandainya kendaraan mobil Anda terendam banjir? Berikut ini beberapa tips mengenai kendaraan mobil untuk mensiasati akibat dari kebanjiran.

1. Lepaskan Kabel Aki sesegera mungkin

Melepaskan kabel aki ini perlu dilakukan agar kendaraan terhindar risiko korsleting (hubungan arus pendek listrik) yang dapat menyebabkan berbagai komponen elektronik di dalamnya rusak. Apalagi jika mobil Anda adalah mobil yang sistemnya serba otomatis. Karena memang listrik atau alat elektronik sangat anti terhadap cairan-cairan dan berkibat kerusakan pada bagian-bagian tersebut.

2. Jangan nyalakan mesin mobil

Kondisi mobil yang terendam banjir sudah pasti masuk kategori darurat, jadi jika ingin memindahkannya maka harus didorong dengan tenaga manusia. Jangan pernah mencoba menyalakan mesin untuk memindahkan posisi mobil tersebut karena resiko kerusakan fatal lainnya bisa saja terjadi seperti konsleting listrik dan kemungkinan air yang masuk akan lebih banyak lagi.

3. Matikan Rem Tangan

Mobil Di Dalam Banjir, sumber ig autohitch
Mobil Di Dalam Banjir, sumber ig @autohitch

Mematikan rem tangan dimaksudkan agar rem kanvas tidak lengket. Treatment yang dilakukan pada kondisi ini sama seperti keadaan mobil yang ditinggal pergi dalam waktu lama dan kita harus menetralkan dulu kondisi mesin saat akan mengendarainya. Untuk mencegah mobil bergerak karena adanya arus banjir, maka perlu menggunakan batu untuk mengganjal atau memasukkan personeling atau perputaran gigi mesin pada gigi satu. Pada mobil yang menggunakan mesinnya berjalan secara otomatis, transmisi atau perpindahan persneling harus pada posisi parking (parkir) atau kondisi berhenti.

4. Kosongkan Tangki Bensin

Air banjir yang menggenang dapat tercampur dengan bensin di dalam tangki mobil, dan dapat menimbulkan karat pada tangki bensin. Hal ini akan mengganggu sistem pengapian dan membuat tangki bensin mobil tersebut menjadi keropos, serta mudah bocor dalam jangka waktu yang panjang. Maka, jika Anda dapat menguras tangki bensin sendiri, maka lebih baik segera di kosongkan.

5. Jangan lupa untuk mengeringkan komponen pengapian

Jika mobil Anda terendam banjir, Anda perlu sesegera mungkin mengeringkan komponen pengapian di dalam mobil. Yang termasuk sebagai komponen pengapian adalah busi, karburator, saringan udara, koil, alternator, delco kabel-kabel yang juga cukup rawan rusak apabila terkena banjir. Jangan lupa juga untuk memastikan apakah masih bisa berfungsi normal atau ada gangguan lain pda komponen-komponen tersebut. Jika hal ini tidak dilakukan maka akan berakibat pada mogoknya kendaraan pribadi anda.

6. Usahakan Untuk Mengontrol Audio Mobil

Mobil yang tergenang air banjir dapat menyebabkan kerusakan pada bagian audionya hal ini disebabkan sebagian besar bahannya terbuat dari bahan-bahan yang sangat rentan dengan air. Maka, yang dapat Anda lakukan jika terjadi kerusakan adalah membawa kendaraan Anda ke bengkel variasi yang lebih kompeten memperbaikinya.

Demikian ulasan singkat mengenai cara-cara penanganan mobil yang terkena banjir agar tidak berefek pada kerusakan yang parah. Ingat untuk tetap selalu waspada dimanapun Anda berada dan mari bersama kita jaga lingkungan di sekitar kita agar kita terhidar dari bencana-bencana akibat kelalaian kita. Semoga ulasan ini bermanfaat dan jangan lupa untuk menyimak ulasan variasi mobil lainnya dari kami.

Leave a Comment