Tips Praktis Untuk Perjalanan Jauh Menggunakan Kendaraan Mobil

Tips Praktis Untuk Perjalanan Jauh Menggunakan Kendaraan Mobil

Bagaimana Anda menentukan untuk menghabiskan waktu berliburan Anda? Jika masih bingung, kami sarankan untuk mengunjungi tempat wisata bersama keluarga. Banyak tempat-tempat wisata yang baru dan unik yang menarik untuk dikunjungi saat ini. Selain ini, berwisata bersama keluarga bisa menjadi aktivitas yang tak ternilai sebagaimana tak ternilainya arti keluarga bagi kita. Untuk Anda yang memiliki kendaraan berupa mobil pribadi, berwisata bersama keluarga dengan mengendarai mobil pribadi dapat memberikan pengalaman yang menarik lho.

Melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan mobil sendiri tentu akan menjadi sebuah pengalaman yang tidak akan pernah Anda lupakan. Apalagi bersama dengan keluarga atau orang – orang tercinta. Sebelum melakukan perjalanan jauh, berikut ini disajikan tips – tips bagi Anda yang akan melakukan perjalanan jauh dengan mobil agar perjalanan menjadi aman, dan nyaman, serta selamat sampai tujuan.

Tips – Tips

1. Rencanakan dengan Matang

Perencanaan yang matang akan membuat Anda tenang selama perjalanan jauh Anda. Perencanaan yang matang meliputi daerah mana yang akan menjadi destinasi, kapan dan jam berapa mulai berangkat, siapa saja yang akan menemani Anda di perjalanan, barang – barang apa saja yang akan Anda bawa, uang tunai yang cukup, daya ponsel yang cukup, nomor darurat yang stand by di ponsel Anda, serta memilih jalur yang aman untuk ditempuh.

2. Service Tune – Up Mobil Anda

Service Tune – Up adalah salah satu jenis service mobil yang berfungsi untuk mengembalikan tenaga kendaraan sesuai dengan standarnya. Kondisi mobil yang sesuai dengan standar setidaknya menjamin perjalanan Anda aman nantinya. Lakukan service Tune – up maksimal di bengkel variasi mobil satu minggu sebelum Anda berangkat ke luar kota. Service Tune – Up meliputi:

– Oli, terdiri dari oli rem, gardan, mesin, dan perseneling
– Kampas, meliputi kampas rem, dan ban
– Air radiator
– Kelistrikan, berhubungan dengan lampu utama, rem, kabin, sign, dan mundur. Gunakan lampu dengan terang yang sewajarnya, karena apabila terlampau terang akan membahayakan pengendara lainnya.
– Aki
– Ban, baik ban utama, maupun ban cadangan, Anda cek kondisi, tekanan, dan keseimbangannya
– Keseimbangan mobil
– Wiper. Periksalah kondisi karet wiper, apabila sudah tidak layak, dan tidak membersihkan maksimal segera ganti
– Air conditioner
– Tali kipas
– Timing belt
– Peralatan urgensi, seperti peralatan untuk mengganti ban yang terdiri dari kunci ban, dan dongkrak, lalu senter, payung, sarung tangan, serta air radiator cadangan. Letakkan peralatan urgensi ini pada tempat yang mudah dijangkau oleh Anda.

Travel Car, sumber ig @whereisplatov
Travel Car, sumber ig @whereisplatov

3. Bawa Kelengkapan Surat – Surat Berkendara

Bawalah surat-surat penting kendaraan serta identitas Anda. Surat-surat tersebut meliputi SIM dan STNK, serta plat nomor yang terpasang dengan baik. Semuanya penting untuk kemudahan perjalanan antar daerah untuk mengunjungi tempat wisata bersama keluarga.

4. Selalu Jaga Jarak Aman

Jarak aman berkendara dengan mobil adalah 2 – 3 meter dengan kendaraan di depannya. Hal ini untuk mengantisipasi agar Anda terhindar dari kecelakaan apabila kendaraan di depan Anda berhenti mendadak. Banyak kasus yang telah terjadi karena pengendara mengabaikan jarak aman kendaraannya.

5. Patuhi Rambu dan Aturan Berkendara

Patuhilah rambu-rambu lalu lintas selama Anda melakukan perjalanan. Meski perjalanan antar daerah dibagian tertentu cenderung sepi, namun tidak ada salahnya untuk tetap tertib berlalu lintas. Jangan lupa untuk memasang isyarat ketika akan berbelok, berbalik arah, tidak berhenti seenaknya, dan tidak berpindah jalur secara mendadak. Semuanya bermanfaat baik untuk Anda dan keluarga maupun dengan seluruh pengendara lainnya.

6. Sesekali Lihat Spion

Untuk mengantisipasi ketika kendaraan lain muncul secara tiba – tiba, Anda tidak langsung kaget dan melakukan aksi spontan seperti membanting stir yang membahayakan.

7. Beristirahat Jika Lelah

Jangan remehkan waktu istirahat. Karena dengan istirahat yang kurang akan mengancam keselamatan Anda dalam berkendara, karena istirahat yang kurang membuat Anda kehilangan konsentrasi Anda.

Demikian sedikit tips bagi Anda yang akan melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan mobil. Perhatikan dan terapkan tips tersebut dengan baik, semoga perjalanan Anda aman, nyaman, serta selamat hingga sampai kembali ke rumah Anda. Ingatlah untuk selalu waspada dimanapun Anda berada. Simak informasi-informasi lainnya di halaman kami dan semoga ulasan ini bermanfaat!

Leave a Comment